Home > Gaya Hidup

Tahun Politik Pilpres: AI Generatif Bisa Jadi Sumber Halusinasi Informasi

AI generatif memberikan dampak besar terhadap pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan presiden.
AI generatif.
AI generatif.

JOURON -- Kecerdasan buatan (AI) memberikan dampak terhadap kehidupan sehari-hari termasuk dalam sektor politik. Banyak negara termasuk Indonesia akan menggelar pemilihan umum dan pemilihan presiden pada 2024 yang itu bisa diintervensi oleh AI.

Sebagai contoh, pada tahun 2023, Hillary Clinton –-mantan kandidat presiden dan menteri luar negeri dari Partai Demokrat AS– berkata: “Anda tahu, orang mungkin akan terkejut mendengar saya mengatakan ini, tapi sebenarnya saya sangat menyukai Ron DeSantis. Ya aku tahu. Menurutku dia adalah tipe pria yang dibutuhkan negara ini.”

Tampaknya aneh bahwa Clinton dengan hangat mendukung calon presiden dari Partai Republik. Dan itu benar. Investigasi lebih lanjut menemukan video tersebut diproduksi menggunakan kecerdasan buatan generatif (AI).

Video Clinton hanyalah satu contoh kecil tentang bagaimana AI generatif dapat mengubah politik secara signifikan dalam waktu dekat. Para ahli telah menunjukkan konsekuensinya terhadap pemilu.

Hal ini termasuk kemungkinan dibuatnya informasi palsu dengan sedikit atau tanpa biaya dan iklan yang sangat dipersonalisasi untuk memanipulasi pemilih.

"Dampak yang ditimbulkan dapat berupa apa yang disebut dengan “kejutan bulan Oktober” – yaitu sebuah berita yang muncul sesaat sebelum pemilu Amerika Serikat pada November di mana informasi yang salah beredar dan tidak ada cukup waktu untuk membantahnya," tulis André Spicer, seorang profesor di Bayes Business School at City, Universitas London, seperti dikutip dari kolomnya di Guardian.

Andre mengatakan kekhawatiran dampak AI generatif terhadap pemilu menjadi semakin mendesak saat memasuki tahun di mana miliaran orang di seluruh dunia akan memilih. Pada 2024, diperkirakan akan diadakan pemilu di Taiwan, India, Rusia, Afrika Selatan, Meksiko, Iran, Pakistan, India, Uni Eropa, Amerika Serikat, Indonesia, dan Inggris.

Banyak dari pemilu ini tidak hanya menentukan masa depan suatu negara; hal ini juga akan menentukan cara mengatasi tantangan global seperti ketegangan geopolitik dan krisis iklim.

Menurut Andre, kemungkinan besar setiap pemilu ini akan dipengaruhi oleh teknologi AI generatif baru seperti halnya pemilu tahun 2010-an yang dibentuk oleh media sosial.

Meskipun para politisi menghabiskan jutaan dolar untuk memanfaatkan kekuatan media sosial dalam menentukan pemilu pada tahun 2010-an, AI generatif secara efektif mengurangi biaya produksi informasi yang tidak benar dan menyesatkan hingga nol.

"Hal ini sangat memprihatinkan karena selama satu dekade terakhir, kita telah menyaksikan peran apa yang disebut “botshit” dalam politik," kata Andre.

Dalam sebuah buku pendek mengenai topik tersebut, mendiang filsuf Princeton Harry Frankfurt mendefinisikan botshit secara spesifik sebagai ucapan yang dimaksudkan untuk membujuk tanpa memperhatikan kebenaran.

Andre menjelaskan teknologi AI generatif seperti ChatGPT telah diketahui dapat menghasilkan apa yang disebut “halusinasi”. Hal ini karena AI generatif menjawab pertanyaan dengan membuat tebakan berdasarkan statistik.

Seringkali tebakan ini benar, namun terkadang meleset. Hasilnya bisa berupa “halusinasi” yang dibuat-buat dan tidak ada hubungannya dengan kenyataan, seperti penjelasan atau gambaran yang tampak masuk akal, namun sebenarnya bukan jawaban yang tepat untuk pertanyaan apa pun.

Manusia mungkin menggunakan materi tidak benar yang dibuat oleh AI generatif dengan cara yang tidak kritis dan tidak bijaksana. Dan hal ini dapat mempersulit orang untuk mengetahui apa yang benar dan salah di dunia.

Dalam beberapa kasus, risiko ini mungkin relatif rendah, misalnya jika AI generatif digunakan untuk tugas yang tidak terlalu penting (seperti memunculkan beberapa ide untuk pidato pesta ulang tahun), atau jika keluarannya benar. mudah diverifikasi menggunakan sumber lain (seperti kapan pertempuran Waterloo terjadi). Masalah sebenarnya muncul ketika keluaran AI generatif mempunyai konsekuensi penting dan keluarannya tidak dapat diverifikasi dengan mudah.

Jika halusinasi yang dihasilkan AI digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting namun sulit diverifikasi, seperti keadaan perekonomian atau perang di Ukraina, ada bahaya nyata bahwa hal ini dapat menciptakan lingkungan di mana beberapa orang mulai membuat keputusan penting berdasarkan suara dunia informasi yang sepenuhnya ilusi. Ada bahaya bahwa para pemilih akan hidup dalam realitas daring yang didasarkan pada campuran halusinasi AI dan kepentingan politik.

Andre mengungkapkan meskipun teknologi AI menimbulkan bahaya, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membatasinya. Perusahaan teknologi dapat terus menggunakan watermarking, yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi konten yang dihasilkan AI dengan mudah.

Mereka juga dapat memastikan AI dilatih mengenai sumber informasi resmi. Jurnalis dapat mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari peliputan berita yang dihasilkan oleh AI selama siklus pemilu.

Partai politik dapat mengembangkan kebijakan untuk mencegah penggunaan informasi menipu yang dihasilkan oleh AI. Yang paling penting, para pemilih dapat menggunakan penilaian kritis mereka dengan memeriksa realitas informasi penting yang mereka tidak yakin.

Brookings Institution menunjukkan bahwa ada banyak cara positif untuk menggunakan AI generatif dalam politik. Namun saat ini penggunaan negatifnya adalah yang paling jelas, dan kemungkinan besar akan berdampak pada kita dalam waktu dekat.

× Image